4/22/2011


            Ilmu Pengetahuan Sosial adalah mata pelajaran yang mempelajari kehidupan social yang didasarkan pada bahan kajian Geogarafi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Tata Negara dan Sejarah.
Secara ideal Ischak S.U. menjelaskan bahwa pendidikan IPS bagi anak didik berperan sebagai, (a). Sosialisasi, membantu anak didik menjadi anggota masyarakat yang berguna dan efektif; (b) Pengambilan keputusan, membantu anak didik mengembangkan keterampilan berpikir (intelektual) dan keterampilan akademis; (c) Sikap dan nilai, membantu anak didik menandai, menyelidiki, merumuskan dan menilai diri sendiri dalam hubungannyadengan masyarakat sekitar; (d) Kewargaan Negara, membantu anak didik menjadi warga Negara yang baik; (e) Pengetahuan, tanggapan dan pekaterhadap kemajuan pengetahuan dan teknologi dan dapat mengambil manfaat daripadanya.Ilmu Pengetahuan Sosial bukan Ilmu Sosial, Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tidak hanya terbatas di PerguruanTinggi, melainkan diajarkan mulai dari Sekolah Dasar. 
           Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang telah dilaksansakansampai saat ini baik pada pendidikan dasar maupun pada pendidikan tinggi tidak menekan pada aspek teoritis keilmuannya melainkan lebih ditekankan kepada segi praktis mempelajari, menelaah, mengkaji gejala dan masalah social.

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial erat kaitanya dengan Ilmu Sosial, yaitu ilmu pengetahuan yang membahas hubungan manusia dalam konteks sosialnya dengan masyarakat dan tingkah laku masyarakat. Berdasarkan tingkat jenjang sekolahnya, jumlah keilmuan yang dilibatkan di dalam IPS berbeda-beda. Di tingkat Sekolah Dasar, bidangnya terutama terdiri dari Geografi dan Sejarah, di tingkat sekolah lanjutan terdiri dari Geografi, Sejarah dan Antropologi. Sedangkan di Perguruan Tinggi hamper seluruh bidang keilmuaan Ilmu Sosial dilibatkan pada kerangka kerja IPS.

Secara mendasar, pengajaran IPS berkenaan dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya. IPS berkenaan dengan cara manusia menggunakan usaha memenuhi kebutuhan materinya. memenuhi kebutuhan jiwanya., pemanfaatan sumber daya yang yang ada di Muka Bumi, mengatur kesejahteraan dan pemerintahaan, dan lain-lain sebagainya yang mengatur serta mempertahankan kehidupan masyarakat manusia. Ciri utama yang menjadi jati diri dari Pendidikan IPS adalah mengorganisir dan menyajikan ilmu-ilmu sosial secara ilmiah dan pisikologis untuk tujuan pendidikan di tingkat persekolahan.

0 komentar :

Post a Comment

Translate

Pages

Online Now


Stay Up-to-Date!

Popular Posts